blog-indonesia.com

Rabu, 26 Maret 2014

Ratu Belanda Nilai Indonesia Berhasil dalam Keuangan Inklusif

Wakil Presiden BoedionoDen Haag Bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) Boediono, Ratu Kerajaan Belanda, Maxima, menilai positif ekonomi Indonesia yang menurutnya sangat baik. Selain itu, Maxima yang juga UN Secretary General's Special Advocate For Inclusive Finance For Development mengapresiasi Indonesia dalam hal keuangan inklusif.

"Kami menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam Group of Friends of the United Nations maupun di G-20," kata Ratu Maxima di Den Haag kemarin sebagaimana dirilis Sekretariat Kabinet, Selasa (25/3).

Keuangan inklusif di Indonesia, kata dia, berjalan meskipun tak dipungkiri masih ada hambatan dalam pemajuan unit usaha kecil menengah (UKM).

Ratu Maxima menambahkan, bahwa laporan Working Group of the Post 2015 Development Agenda menyebutkan keuangan inklusif sebagai salah satu tujuan.

"G-20 diharapkan dapat mendorong peranan pengusaha (B-20) karena financial inclusion tidak dapat dicapai tanpa pengusaha. Tidak kalah penting adalah peningkatan representasi masyarakat dalam kemitraan di bidang ini," lanjutnya.

Dia menilai kepemimpinan Indonesia dalam hal ini penting tak hanya di organisasi level global namun juga regional seperti ASEAN dan APEC.

Dalam kesempatan bertemu dengan Ratu Maxima, Boediono juga menyampaikan berbagai strategi nasional Indonesia dalam mewujudkan keuangan inklusif tersebut.

Keuangan inklusif merupakan koreksi dari keuangan eksklusif yang selama ini menjadi arus utama yaitu kondisi keuangan yang menguntungkan sebagian pihak. Sementara dengan prinsip keuangan inklusif berbagai akses bagi masyarakat ke layanan jasa keuangan dimudahkan.



  ♞ Berita Satu  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More