blog-indonesia.com

Rabu, 05 Maret 2014

SBY Resmikan Kapal SAR Pacitan dan Purworejo

Merak  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan dua kapal SAR baru, yang masing-masing diberi nama Kapal SAR Pacitan dan Kapal SAR Purworejo.

SBY mengharapkan penambahan kapal SAR tersebut semakin menunjang kerja Badan SAR Nasional (Basarnas) dan komunitas penyelamat dalam menjalankan operasi penyelamatan dan kemanusiaan di seluruh Indonesia.

“Apa yang dilakukan Basarnas dan komunitas rescuer adalah nyata, terutama dalam kepentingan kemanusiaan,” kata Presiden dalam Apel Kesiagaan Basarnas di Pelabuhan Merak, Rabu (5/3/2014).

Kepala Negara mengatakan kelengkapan peralatan dan perlengkapan, termasuk kapal SAR, adalah salah satu tugas Basarnas sebagai badan negara yang mengoordinasi dan memfasilitasi petugas SAR di Tanah Air.

Kepala Basarnas Algan Baharudin mengatakan Kapal SAR Pacitan dan Kapal SAR Purworejo yang berjenis Catamaran sangat dibutuhkan oleh Basarnas untuk melengkapi perlatan yang sudah ada.

“Kami telah meningkatkan kemampuan profesional rescuer dengan membentuk Basarnas Special Group yang memiliki kemampuan lintas udara dan lintas laut,” kata Alfan.

Selain pentingnya kelengkapan peralatan, SBY menyampaikan dua pesan lain kepada para anggota Basarnas dan komunitas penyelamat yang hadir dalam Apel Kesiagaan Basarnas.

Pertama, Kepala Negara berpesan agar Basarnas terus mempersiapkan anggotanya dan relawan agar selalu siaga melalui pelatihan dan pendidikan secara berkala.

Kedua, SBY menggarisbawahi pentingnya kepemimipinan dan komandan di dalam setiap misi penyelamatan.

“Komando dan pengendalian operasi sangat penting dalam setiap misi SAR, oleh karena itu pimpin dan kendalikan dengan baik operasi SAR di manapun itu berada,” kata Presiden.



  ♞ Bisnis  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More