blog-indonesia.com

Selasa, 18 Maret 2014

TU Ilmenau Buka Universitas di Indonesia

Jakarta ☆ Indonesia kembali dilirik universitas Jerman sebagai pasar pendidikan. TU Ilmenau berencana membuka cabangnya di Jakarta September mendatang. Lembaga tersebut membidik bidang studi teknik.

Indonesia dalam bidikan lembaga pendidikan internasional. Universitas Jerman, TU Ilmenau berencana membuka cabang di Jakarta. Nantinya lembaga pendidikan tersebut akan diberi nama "International University Liaison Indonesia," tutur Ilham Habibie yang memayungi rencana tersebut sebagai ketua yayasan.

"Kami ingin memulai 1 September dengan empat jurusan," imbuhnya lagi. IULI dibentuk melalui kerjasama dengan beberapa universitas di Eropa. Sejauh ini 12 universitas dari lima negara akan ikut rembug mengekspor tenaga pendidik dan metode pengajaran ke Indonesia.

TU Ilmenau terutama membidik jurusan teknik, "karena minimnya tawaran yang memadai di Indonesia," kata Habibie. Pakar penerbangan yang juga putra bekas Presiden Bacharuddin J. Habibie itu mengutarakan rencana tersebut ketika menghadiri forum kerjasama Jerman-Indonesia di Ilmenau.

Indonesia "menjanjikan"

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dengan Jerman dan Eropa. Ia antara lain menyebut bidang penerbangan, energi terbarukan dan penelitian Nano yang tengah marak di Eropa.

TU Ilmenau bukan muka baru di Indonesia. Sejak sepuluh tahun univeritas yang fokus pada ilmu terapan itu aktif di jejaring "German ASEAN Science and Technology," yang membina hubungan antara praktisi akademisi antara kedua negara.

Pemerintah Jerman sendiri menilai hubungan dengan Indonesia "sangat menjanjikan." Belum lama ini Kementrian Pendidikan dan Penelitian menelurkan laporan yang menyebut kawasan Asia Pasifik adalah "kekuatan baru di dunia, tidak cuma di bidang ekonomi tapi juga pendidikan."

Fokus ke Asia Tenggara

Selain Eropa dan Amerika Utara, Jerman membidik kawasan Asia Pasifik, terutama "Asia Tenggara sebagai fokus utama untuk Jerman, di mana terdapat mitra utama di bidang pendidikan dan penelitian." Indonesia secara eksplisit disebut sebagai negara tujuan investasi.

Gedung kampus IULI akan dibangun di Tangerang Selatan. Pihak yayasan berambisi memperluas bidang studi menjadi 12 jurusan, antara lain Mekatronik, Penerbangan dan Teknologi Informasi. Selain universitas elit Jerman, RWTH Aachen, TU Ilmenau juga menggaet Institut Teknologi Bandung dan sejumlah perusahaan Jerman di Indonesia sebagai mitra utama.rzn/hp (TU Ilmenau, IULI, dpa)



  ♞ dw.de  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More