blog-indonesia.com

Rabu, 30 April 2014

★ Kapal Komando Buatan TNI AD Mampu Menyaingi Buatan Eropa

Kapal sejenis yang dijual Finlandia harganya mencapai dua kali lipat atau Rp 24 miliar https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkyTJ9xQ7ASClnotPpt_2d6teELaR8mmpofFPG1Sq18v4a8eMAXsl1akFmVWVJjW9PwkPACqcFq1tt669v4gw2xd_4Sm-bkALPdnlwdgRAWP8ztP6kd3tEDxqqsYKBXbxcxB4cuXZVvB0/s1600/kapal-tni-17.jpgJakarta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman menyebutkan, pihaknya menggelontorkan dana sekitar Rp 12 miliar untuk riset dan membangun Kapal Motor Cepat (KCM) Komando. Menurutnya, dengan kapal sejenis yang dijual Finlandia harganya mencapai dua kali lipat atau Rp 24 miliar.

"Biayanya Rp 12 miliar dari mulai riset hingga pemasangan senjatannya," kata Budiman dalam peluncuran KMC Komando, di Pantai ABC Ancol, Jakarta Utara, Selasa (29/4/2014). Budiman menjelaskan, dengan spesifikasi yang sama dirinya mengklaim kapal buatan TNI AD mampu meyaingi negara di Eropa tersebut.

Menurutnya, saat ini TNI AD sedang menggarap 10 unit KMC Komando. Dua unit hasil pesanan 2013 telah selesai dan diuji coba tadi pagi. Sementara itu, delapan unit akan hadir pada tahun ini. "Mudah-mudahan Juni selesai," ujarnya. Budiman pun mengaku puas dengan performa yang ditunjukan oleh KMC Komando pada uji coba tadi pagi.

"Hasilnya sangat memuaskan. Kecepatan tinggi bisa tepat sasaran. Hasilnya sangat bagus," katanya. Diketahui hari ini TNI AD melakukan uji coba peluncuran KMC. Selain mampu bermanuver dengan lihai di atas air, alat utama sistem senjatanya (alutsista) mampu menembakan peluru dengan akurasi yang tinggi walau sedang dalam kecepatan maksimal.

  ★ Tribunnews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More