blog-indonesia.com

Minggu, 13 April 2014

Robot Politeknik Bandung raih perak di Amerika Serikat

Merupakan pengalaman yang berharga dan kebanggaanhttp://www.sayangi.com/media/k2/items/cache/1c21e597c9757e9dcdbe802eb15484d6_L.jpgRobot pemadam api Yudhistita 1.1 karya Tim Robotik Politeknik Bandung meraih medali perak pada lomba Trinity College Robotic Competition, di Hartford Connecticut, Amerika Serikat.

"Pada kompetisi di kampus Trinity College, 4-6 April tim robotik Politeknik Bandung meraih satu medali perak dan satu perunggu, hasil ini meningkat dari 2013," kata Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Bandung, Bambang Wisnuadhi, pada penyambutan tim robotik perguruan tinggi itu, di Bandung, Sabtu.

Tim Politeknik Bandung terdiri dari Maulana Abdurahman, Wilatikto dan Dinar Syahid serta pembimbing Bambang Wisnuadhi, Eril Mozef dan Setiadi Rachmat. Mereka mengikutsertakan tiga robot yang menjuarai lomba di tingkat nasional.

Selain robot pemadam api Yudhistira 1.1 yang meraih perak, robot Yudhistita 1.2 juga meraih medali perunggu untuk kategori yang sama yakni robot dua kaki.

Sedangkan robot Siliwangi 2.1 menepati peringkat kelima dari 54 robot peserta yang beraksi pada kategori fire fighting senior division.

"Dalam tiga sesi, Yudhistira 1.1 mampu melakukan misinya memadamkan api dan mendapat apresiasi, robot itu pengembangan dari tahun sebelumnya yang di tempat sama meraih peringkat ketiga," kata Wisnuadhi.

Secara keseluruhan peserta lomba berjumlah 106 robot yang terdistribusi dalam tujuh kategori lomba. Peserta berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Kuwait, Israel, dan Indonesia.

"Dari hasil ini, membuktikan bahwa karya anak bangsa bisa bersaing dengan peserta dari luar negeri dan bisa meraih hasil yang membanggakan," katanya.

Selain Polban, dua perwakilan lainnya dari tim robotik Unikom Bandung dan Politeknik Elektro Nasional Surabaya juga ikut pada kejuaraan itu dan masing-masing meraih hasil terbaik.

Sementara itu salah seorang tim robotik Politeknik Bandung, Abdurahman, menyatakan keikutsertaan pada kegiatan itu merupakan pengalaman yang berharga dan kebanggaan.

"Senang kami bisa bersaing dengan tim dari luar negeri, meski tidak meraih emas namun kami sudah memberikan yang terbaik. Dan keberangkatan ke Amerika Serikat harus kami jalani secara bertahap dan kompetitif," kata Abdurahman



  Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More