blog-indonesia.com

Sabtu, 03 Mei 2014

★ Daftar Mobil Buatan Mahasiswa Indonesia

Jakarta Selain siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), para mahasiswa di Indonesia juga tidak ingin kalah dalam membuat mobil. Buktinya banyak mobil yang dirakit oleh mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Universitas yang ada di seluruh Indonesia.

Bedanya dengan SMK, para mahasiswa ini merakit mobilnya lebih kearah mobil untuk bertanding diajang Shell-Eco Marathon yang digelar setiap 1 tahun sekali.

Nah, mau tahu deretan mobil yang dirakit oleh para mahasiswa itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Biko
1. Keris RV dan Kalabia Evo-3 imgUniversitas Indonesia (UI) kembali menunjukkan inovasi dengan meluncurkan dua mobil hemat energi, ramah lingkungan dan ultra-efisien karya para mahasiswa Fakultas Teknik (FT) bernama Keris RV dan Kalabia evo-3.

Mobil tersebut mewakili 2 kategori, pertama Kategori prototype yang kendaraannya berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif.

Sedangkan kategori urban concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini. Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar.
2. Mobil Bimasakti
imgSelain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada juga memiliki mobil hasil rakitan mahasiswanya. Ya, mobil hasil raitan mahasiswanya bernama Bimasakti UGM. Mobil dengan kapasitas 1 penumpang ini pernah ikut serta dalam ajang Studen Formula Japan pada tahun 2013 lalu.

Bimasakti didesain dengan spesifikasi mesin Honda CBR 600RR dengan modifikasi pada air intake sytem, fuel supply, dan knalpot. Dimensi kendaraan 2.500 mm x 1.100 mm x 1.050 mm menggunakan chain-drive system, air-liquid cooling system dan bodi serat fiber yang dibuat sendiri.

Mobil balap itu pernah ikut lomba akselerasi di Jepang (uji kecepatan mobil dalam jarak 75 meter trek lurus. skidpad (uji kemampuan cornering dalam linkaran menyerupai angka 8), autocross (uji kemampuan dalam melewati 1 lap dengan trk lurus dan slalom), endurance dan fuel ecomony (uji ketahanan dalam 22 lap serta konsumsi bahan bakar).
3. Sapu Angin, Mobil dari ITS
imgInstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki 2 mobil yang dipamerkan di ajang Shell Eco-marathon (SEM) yakni Urban dan Prototype. Mobil tersebut diberinama Sapu Angin.

Sapu Angin yang bergaya urban memiliki mesin diesel dengan Frame terbuat dari 100 persen Acid Methyl Ester. Mobil ini lah didesain sedemikian rupa sehingga bisa menembus angka 1 liter bensin untuk 1.000 kilometer.
4. 4 Mobil Karya ITS
imgInstitut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) akan unjuk gigi sekaligus mencoba performace 4 mobil hasil karya mahasiswanya dengan menjalani tes jalan ± 700 km.

Keempat mobil yang akan menjalani tes yakni, Empat mobil yang akan mengikuti Tour de Java Mobil Listrik Nasional (Molina), Ezzy 1, Ezzy 2 (mobil listrik), 1 mobil tenaga surya dan Lowo Ireng.

 Ezzy 1 

Mobil listrik buatan ITS yang pernah terbakar dalam perjalanan ke Jakarta tahun lalu kembali menjalani test. "Kelebihan sisi teknologi listrik merah (Ezzy 2) dan putih (Ezzy 1) kita kerjasama dengan Oxford University yang memberikan 1 unit high performance motor yang beratnya ringan tapi dayanya cukup besar 100 KW dengan beratnya 25 Kg dibandingkan dengan motor biasa dengan tenaga 2 kali lipat," kata ketua tim Tour de Java Molina, Nur Yuniarto.

 Ezzy 2 

Dua mobil listrik yang akan menjalani tes performa mampu melahap 100 Km dengan kekuatan baterai yang dimiliki kendaraan. Sedangkan kemampuan charge baterai hanya 3 jam. "Kalau dari spesifikasinya bisa lari 150 Km/jam," imbuh Nur Yuniarto yang juga dosen pembimbing mobil listrik.

 Mobil Tenaga Surya 

Kalau yang mobil tenaga surya dari hasil tes performa mampu berjalan maksimal 90 Km/jam.

 Lowo Ireng 

"Secara teori bisa 250 Km/jam dengan tenaga hampir 300 Hp yang dihasilkan dari mesin 2500 cc ex Mitshubisi. Seluruh disain dan modifikasi kita yang melakukan termasuk ECU yang merupaka hasil karya anak ITS," pungkas Nur.


  ★ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More