blog-indonesia.com

Senin, 29 Desember 2014

Dilengkapi Sensor Khusus, Kapal Canggih BPPT Ikut Diterjunkan Cari QZ 8501

Pencarian AirAsia Yang Hilang Kontak Kapal Riset BPPT Baruna Jaya IV

Seluruh upaya dikerahkan untuk melakukan pencarian AirAsia QZ 8501 yang hilang di antara Pontianak-Tanjung Pandan. Sebuah kapal canggih milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memiliki sensor khusus, ikut diterjunkan.

"Yang terhormat Pak Menhub, saya sudah tugaskan Kapal Riset BPPT Baruna Jaya IV untuk bergerak ke perairan Belitung guna ikut operasi search," demikian pesan singkat dari Menko Maritim Indroyono Susilo kepada Menhub Ignasius Jonan, Minggu (28/12/2014).

Kapal Baruna Jaya bukan kapal sembarangan. Dia dilengkapi peralatan sensor multi beam echo sounder dan side scan sonnar.

"Kapal itu sudah berpengalaman menemukan KM Gurita yang tenggelam di Sabang (1996), menemukan Boeing 737 Adam Air yang tenggelam di Selat Makassar (2007) dan menemukan KM Bahuga Jaya di Selat Sunda (2012)," ujar Indroyono.

Malam ini pencarian dihentikan sementara. Mulai Senin pagi besok, pencarian kembali dilakukan. Pusat kendali pencarian ada di Pangkal Pinang, ibukota Provinsi Bangka-Belitung.

  ★ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More