blog-indonesia.com

Selasa, 20 Januari 2015

AS Tawarkan Satelit Khusus untuk Berantas Pencurian Ikan ke Menteri Susi

http://images.detik.com/content/2015/01/20/4/robertblakesusu.jpgPemerintah Amerika Serikat (AS) mendukung sepenuhnya upaya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberantas pencurian ikan atau illegal fishing. Dalam waktu dekat, tim perwakilan AS akan bertemu Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menawarkan program satelit khusus pemberantasan pencurian ikan.

"Kami senang dengan Bu Susi kita bekerja sama menanggulangi IUU (Illegal, Unreported, Unregulated) Fishing. Tim kami akan berkunjung ke KKP dan akan mengembangkan satelit berbasis lampu yang dinyalakan di kapal ikan," ungkap Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake saat ditemui di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (20/01/2015).

Satelit ini menurut rencana akan terintegrasi dengan sistem CTI atau Computer Telephony Integration dan akan terhubung dengan program Infrastructure Development for Space Oceanography (INDESO) yang dimiliki KKP.

Secara umum, AS siap memberikan dana bantuan khusus kepada Indonesia untuk mengembangkan bisnis di sektor kelautan yang berkelanjutan. Di tahap awal, AS akan memberikan bantuan US$ 35 juta dan akan ditambah di tahap kedua US$ 30 juta.

"Dana ini untuk mendukung kelautan Indonesia yang lebih berkelanjutan. Perusahaan AS juga mendukung pengolahan secara berkelanjutan. Contohnya Mars yang membuat cokelat juga mengekspor makanan hewan terbesar di dunia. Mereka telah melakukan inisiasi," papar Blake.(wij/hds)


  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More