blog-indonesia.com

Rabu, 07 Januari 2015

Pemerintah Ingin Upgrade Alat Basarnas

Soelistyo: Kalau Bisa Submersible http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/01/02/25/945020/basarnas-kebutuhan-alat-deteksi-bawah-laut-terpenuhi-2bo.jpgPemerintah berencana me-upgrade sarana dan kemampuan Badan SAR Nasional (Basarnas). Menanggapi hal itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo tanpa malu-malu ingin Basarnas punya submersible vehicle.

"Setelah kejadian ini ada satu alat yang urgent kita butuhkan. Ya bisa saja tidak banyak tapi saya dengan senang hati menerima. Alatnya seperti yang kemarin sudah saya sampaikan, submersible," kata Soelistyo di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2015).

Submersible adalah kendaraan bawah laut dengan kemampuan menyelam hingga ribuan meter di bawah permukaan laut. Ada 2 jenis alat ini yaitu tanpa awak dan dengan 1 awak atau 2 awak. Kendaraan ini banyak digunakan peneliti oceanologi dan SAR seperti di AS dan Jepang.

Walau sudah menyatakan keinginannya itu, Soelistyo mengerti persoalan yang dihadapi pemerintah dan membutuhkan anggaran cukup banyak tidak hanya Basarnas. Sehingga Soelistyo hanya berharap yang 'tersisa' dari anggaran tersebut.

"Jadi sebenarnya pemerintah sudah memberikan angg‎aran dari tahun ke tahun. Tentu tidak mungkin melengkapi kita yang ideal sekaligus, yang lain juga butuh anggaran," ujar Soelistyo.

Sebelumnya, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno menyatakan pemerintah perlu membicarakan peningkatan sarana dan kemampuan Basarnas. "Maka ke depan, kita perlu tingkatkan baik peralatan maupun latihan-latihan kemampuan," kata Tedjo terpisah.(vid/mpr)


  ♙ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More