blog-indonesia.com

Kamis, 22 Januari 2015

Penemuan Jenazah di Main Body AirAsia QZ8501

Ada Jenazah di Dalamnya, Seberapa Besar Bodi Pesawat yang Ditemukan Hari ini?https://jogjane.files.wordpress.com/2015/01/antarafoto-ekor-air-asia-100115-pras-10.jpgKRI banda Aceh bersama Crest Onyx

Bodi besar pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya ditemukan. Di dalamnya, ada beberapa jenazah. Seberapa besar bagian pesawat nahas yang ditemukan itu?

"Dimensinya panjang 24 meter, lebar 8 meter, dan sayap 3 meter,"‎ kata Panglima Armada RI Kawasan Barat Laksda TNI Widodo kepada wartawan di KRI Banda Aceh yang berada di perairan Karimata, Kalimantan Tengah, Kamis (22/1/2015).

Widodo menyebutkan ada beberapa jenazah di dalam bodi yang berada di kedalaman 30 meter tersebut. Ia tak merinci jumlahnya karena tim penyelam masih bekerja.

Berdasarkan laporan penyelam, kursi dan kabel berserakan di bodi pesawat. Hal ini menjadi kendala bagi penyelam. "(Bodi) Putus di bagian ekor," kata Widodo.

Hingga pukul 12.15 WIB, ada 6 jenazah yang sudah diangkat ke KRI Banda Aceh. Kondisi jenazah tidak utuh lagi. Empat di antaranya sudah diterbangkan ke Pangkalan Bun untuk kemudian dibawa ke Surabaya dalam rangka identifikasi. Sedangkan 2 jenazah lainnya masih di kapal dan menunggu helikopter dari Pangkalan Bun.
Ada 2 Lagi yang Diangkat dari Bodi Pesawat, Total 6 JenazahPenyelam terus bekerja keras mengevakuasi jenazah korban AirAsia QZ8501 dari kedalaman perairan Karimata, Kalimantan Tengah. Hingga siang ini, ada 6 yang sudah diangkat. Sebagian sudah siap diterbangkan ke Pangkalan Bun.

Detikcom yang berada di KRI Banda Aceh menyaksikan kesibukan evakuasi jenazah, Kamis (22/1/2015). Jenazah diangkat secara bergelombang sejak pukul 09.00 WIB. Seluruhnya dalam kondisi tidak utuh.

Jenazah terakhir diangkat pada pukul 11.19 WIB. Begitu tiba di geladak KRI Banda Aceh, jenazah langsung ditempatkan personel TNI AL di kantung jenazah dan siap diterbangkan ke Pangkalan Bun.

Berdasarkan pemeriksaan, jenazah pertama berjenis kelamin perempuan. Ia mengenakan baju garis warna cokelat berpadu krem. Jenazah adalah pria berbaju merah, jenazah ketiga berjenis kelamin perempuan.

Jenazah keempat tidak dikenali. Pun halnya dengan 2 jenazah yang ditemukan berikutnya.

Hingga saat ini, penyelaman masih terus dilakukan. Belum diketahui pasti, jumlah jenazah di bodi besar pesawat nahas tersebut.
4 dari 6 Jenazah Dibawa ke Pangkalan Bun Empat dari enam jenazah yang sudah dievakuasi ke KRI Banda Aceh dibawa ke Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.‎ Jenazah-jenazah tersebut diterbangkan menggunakan helikopter milik TNI AL.

Helikopter berangkat dari KRI Banda Aceh pada pukul 12.05 WIB, Kamis (22/1/2015). Diperkirakan perjalanan memakan waktu 1 jam.

Dua jenazah lainnya juga akan diberangkatkan hari ini. Tapi masih harus menunggu kedatangan helikopter selanjutnya dari Pangkalan Bun.

Sementara itu, tim gabungan TNI AL masih menyelam di kedalaman perairan Karimata untuk mencari dan mengevakuasi jenazah yang dimungkinkan berada di dalam badan pesawat. Kondisi cuaca relatif baik. Penyelam hanya terganggu kabel dan serpihan pesawat yang berserakan di bodi pesawat.

Hingga saat ini sudah 6 jenazah yang diangkat penyelam dari bodi pesawat AirAsia QZ8501. Lokasi bodi di kedalaman 30 meter dan berjarak 3.400 meter dari ekor yang diangkat beberapa waktu lalu.(sip/try)



  ★ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More