blog-indonesia.com

Kamis, 25 Juni 2015

Rizman, Tak Lama Lagi Jadi Orang Indonesia Pertama ke Luar Angkasa

http://images.detik.com/community/media/visual/2015/06/25/78fbe3f6-4f0b-4ffe-9ebb-8c8af2a0db5f_169.jpg?w=780&q=90Rizman A Nugraha

Indonesia patut bangga pada Rizman A Nugraha. Pria 26 tahun asal Bangka Belitung ini tak lama lagi menjadi orang pertama yang akan terbang ke luar angkasa.

Iseng mengikuti sebuah tantangan di sebuah iklan menjadi awal Rizman akhirnya terpilih menjadi satu satunya perwakilan Indonesia yang akan mengikuti misi ke luar angkasa. Bermodal niat dan tekad, anak pertama dari 7 bersaudara itu ikut mencoba unjuk kemampuan untuk menjadi orang Indonesia pertama yang mampu ke luar angkasa.

"Awalnya karena ada sebuah perusahaan yang sedang mencari 3 orang finalis untuk space camp (misi ke luar angkasa). Saat itu ada 83 ribu orang yang mendaftar dari seluruh Indonesia, kemudian disaring," ujar Rizman saat berbincang dengan detikcom di kawasan Sudirman, Rabu (24/6/2015).

Untuk menyisihkan puluhan ribu pesaing pun rupanya memiliki banyak persyaratan. Berbagai tes akademis ditempuh hingga akhirnya Rizman berhasil masuk ke dalam 40 besar peserta Indonesia yang akan menjalani National Space Camp di Jakarta pada September 2013 lalu.

"Pada bulan September 2013 kita diseleksi di lagi dengan sejumlah tes, seperti tes baris-berbaris, lalu tes turun tali dari ketinggian 50 meter, waktu itu dilatih oleh Polisi Udara di Pondok Cabe, walk climbing, flight simulator, lalu tes kesehatan dan tes bahasa Inggris," jelas dia.

Semua ujian berhasil dilalui Rizman hingga akhirnya dirinya berhasil menjadi salah satu dari 3 finalis asal Indonesia yang akan bertarung dengan ratusan peserta dari 62 negara di Global Space Camp di Florida, Amerika Serikat pada Desember 2013 lalu.

"Dari situ terpilih 3 orang dan dikirim ke Florida pada Desember 2013 selama 5 hari untuk ikut Golbal Ppace Camp dan disana bergabung juga peserta dari 62 negara lain, dan total peserta kompetisi itu ada 107 peserta," kata Rizman.

Di Florida, tantangan yang dihadapi Rizman serta 2 finalis lain asal Indonesia pun tak mudah. Berbagai ujian mental dan ketahanan fisik khas astronot pun dijalani selama 5 hari, hingga akhirnya Rizman berhasil terpilih menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang akan terbang ke luar angkasa bersama 22 peserta lainnya yang berasal dari seluruh dunia.

"Rasanya tahu lolos seleksi final, shock sih awalnya, karena saya juga tidak terlalu menggebu-gebu. Tapi karena saya juga mengikuti tiap misi dengan sungguh-sungguh, tidak disangka-sangka saat pengumuman nama saya dipanggil. Jadi shock kaget dan ada rasa bangga juga," kata Rizman.

Ada rasa shock, dan rasa bangga di dalam diri Rizman ketika tahu dirinya akan menjadi astronot pertama dari Indonesia yang akan ke luar angkasa.

"Perasaan saya senang, bangga terus yang pasti bersyukur karena setidaknya mungkin ini rezeki nya. Kalau dibilang takut ya takut karena ini bisa dibilang percobaan seperti layaknya astronot zaman dulu dengan jiwa mereka yang pemberani. Setidaknya ketika nanti kembali ke bumi nanti bisa menjadi pahlawan," kata dia sambil tersenyum.

Selama rangkaian misi pelatihan di Florida yang dipimpin oleh astronot senior Buzz Aldrin, Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan Rizman setinggi 103 km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa dengan durasi perjalanan 60 menit.

Rencananya, dia akan terbang bulan Desember akhir tahun ini, atau paling lambat bulan Januari 2016.
6 Menit di Luar Angkasa yang akan Mengubah Hidup Rizman http://images.detik.com/community/media/visual/2015/06/25/c70d9051-158e-43a6-88da-a2551950cd4c_169.jpg?w=780&q=90Rizman A Nugraha (facebook)

Rizman A Nugraha tak pernah menyangka, tantangan setelah mengikuti kuis AXE menjadikannya astronot pertama Indonesia yang akan terbang ke luar angkasa. Dia hanya akan berada 6 menit saja di sana, namun bisa mengubah hidupnya selamanya.

"Sudah dari sejak awal ikut kompetisi. Saya ingin menjadi orang Indonesia pertama yang ke luar angkasa, ingin menjadi history. Kan tidak gampang menjadi orang pertama seperti itu," kata Rizman saat berbincang dengan detikcom di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (24/6/2015).

Rizman menganggap, terbang ke luar angkasa merupakan pengalaman sekali seumur hidup yang tak akan pernah bisa dilupakan. Karena itulah, nantinya ketika sudah berada di luar angkasa Rizman ingin mengabadikan momen tersebut.

"Mungkin dapat feel di luar angkasa itu cuma sebentar namun dapat melihat Bumi dari luar angkasa itu punya rasa tersendiri. Yang pasti kalau boleh ambil foto disana. Soalnya ini kan kesempatan seumur hidup," kata dia sambil tertawa.

Rencananya Rizman bersama 22 orang yang berhasil lolos tantangan tersebut akan berangkat pada bulan Desember 2015 atau Januari 2016. Pesawat yang akan membawa ke-23 orang ini merupakan pesawat ulang alik, dan para peserta akan menjadi kopilot di pesawat tersebut.

"Sebetulnya untuk penerbangan ini termasuk singkat. Pesawat ini kan pesawat ulang alik disesain khusus untuk dua awak, satu pilot dan satu kopilot. Dan nanti kita yang menjadi kopilotnya," jelas dia.

"Dari terbang dari Bumi kemudian melayang ke luar angkasa lalu kembali lagi ke Bumi itu membutuhkan waktu 45 sampai 60 menit saja, jadi termasuk cepat. Dan nanti di luar angkasanya itu cuma 6 menit," kata Rizman.

Walaupun singkat, pengalaman tersebut tak akan bisa dilupakan dari ingatan. Lalu bagaimana kalau suatu hari nanti ada tantangan serupa?

"Kalau ada tantangan lagi? Kenapa enggak. Soalnya selama kita mencoba dan itu baik kenapa tidak dicoba," tutupnya.

Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan Rizman setinggi 103 km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa.

Selama rangkaian misi pelatihan di Florida yang dipimpin oleh astronot senior Buzz Aldrin, Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center. (rii/vid)

  ✈️ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More