blog-indonesia.com

Senin, 27 Juli 2015

Ketua DPR Ajak China Investasi Sektor Maritim di RI

Hari ini, Ketua Parlemen China Yu Zhengsheng bertemu Ketua DPR-RI Setya Novanto. Yu Zhengsheng juga sempat bertemu dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Pembicaraan antara Yu Zhengsheng dan Setya Novanto fokus soal peningkatan investasi, terutama di bidang maritim khususnya soal pelabuhan.

Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Ketua DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2015). Saat menyambut Yu Zhengsheng, Novanto didampingi oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Taufik Kurniawan.

Novanto mengungkapkan bahwa China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Kesepakatan target volume perdagangan menjadi US$ 80 miliar di 2015 pun diapresiasi.

"DPR juga berharap Tingkok (China) dapat membuka akses lebih besar bagi produk unggulan Indonesia," ujarnya.

Jalur sutera maritim dari China juga disinngung oleh Novanto. Hal itu dianggap memiliki kesamaan dengan gagasan poros maritim dunia dari Indonesia.

"Terkait hal itu, DPR mengharapkan kedua pemerintah menjajaki kerja sama. DPR juga mengharapkan Tiongkok (China) dapat berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur maritim Indonesia, antara lain pelabuhan laut dalam," ucap Novanto.

Usai pertemuan, Novanto mengungkapkan bahwa isu kemaritiman memang menjadi pembicaraan yang menarik. Hal ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antar eksekutif.

"Kerja sama antar kedua negara, antara pertemuan Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi tentu akan kita lanjutkan," ucap politikus Golkar ini. (imk/hen)

  ⚓️ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More