blog-indonesia.com

Rabu, 29 Juli 2015

★ Pesawat tanpa Awak Terbang di Langit Bandung

Pesawat OS-Wifanusa

Pesawat OS-Wifanusa yang tergabung di Indonesia Maritime Institute bekerjasama dengan PT. Trimitra Wisesa Abadi berhasil terbang dari landasan darat. Hal tersebut terjadi saat demo terbang dari darat yang dilakukan di Lanud Sulaiman Bandung.

Pesawat tanpa awak tersebut berhasil take off dengan mulus dilandasan yang hanya berjarak 30 meter. "Jika take off di air, OS-Wifanusa butuh landasan pacu sepanjang 50 meter" kata Dr. Paonganan sang inventor sekaligus salah satu desainer OS-Wifanusa melalui siaran persnya yang diterima Republika, Rabu (29/7).

Dijelaskan spesifikasi pesawat tanpa awak OS-Wifanusa tak kalah dengan produk dari negara lain. Kemampuan kendali jarak jauh bisa mencapai lebih dari 100 km dan menerima real time video untuk keperluan surveillance. Selain itu juga dilengkap kamera multispektral untuk remote sensing.

"Endurance OS-Wifanusa bisa mencapai 6-7 jam terbang nonstop, enginenya sudah gunakan fuel injection, jadi lebih efisien apalagi jika terbang dikketinggian diatas 1000 meter lebih aman daripada mesin yang masih gunakan karburator biasa," lanjut Ongen panggilan akrabnya.

Masih kata Ongen, ketinggian terbang pesawat ini bisa mencapai 5000 meter dengan jarak tempuh sampai 500 -600 km dengan kecepata 100 km/jam. Pesawat ini juga sudah berhasil melewati uji sertifikasi TNI AL di Waduk Jatiluhur belum lama ini.

   republika  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More