blog-indonesia.com

Kamis, 27 Agustus 2015

Pekan Depan, Petinggi IMF Direncanakan Bertemu Presiden Jokowi

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde akan mendatangi Indonesia, pekan depan. Lagarde direncanakan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi Indonesia dan menghadiri konferensi keuangan tingkat tinggi Asia.

Dilansir dari laman AFP, Kamis (27/8/2015), pada 1-2 September mendatang, Lagarde akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan pejabat tinggi negara lain. Salah satu pejabat yang akan bertemu dengan Lagarde adalah Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Kunjungan itu disebut IMF akan memberikan kesempatan untuk bertukar pandangan mengenai perkembangan ekonomi terkini. "Juga prospek Indonesia dan perannya sebagai kekuatan berkembang, baik itu di kawasan dan dunia," tulis IMF dalam pernyataan tertulisnya.

Kedatangan Lagarde dilakukan di saat meningkatnya volatilitas di pasar keuangan Asia. Kondisi ini disebabkan karena perlambatan ekonomi China dan gejolak pasar yang sedang terjadi, serta penurunan harga komoditas yang juga memengaruhi Indonesia dan negara-negara berkembang lain.

Krisis ini pun berdampak terhadap nilai mata uang sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia.

Pekan lalu, bank sentral di Indonesia mempertahankan suku bunga utamanya selama enam bulan berturut-turut. Indonesia memang sedang berjuang untuk menstabilkan nilai rupiah, yang makin menurun setelah China melakukan devaluasi mata uangnya.

Lagarde juga akan berpartisipasi dalam konferensi tingkat regional yang bertema "Masa Depan Keuangan Asia: Pembiayaan untuk Pembangunan 2015" di Jakarta pada tanggal 2 September 2015. Acara ini berjalan atas kerja sama IMF dengan Bank Indonesia.

  ⚓️ Kompas  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More