blog-indonesia.com

Senin, 28 September 2015

Hanggar Terbesar di Dunia

Rini Soemarno Resmikan Hanggar Terbesar di Dunia Milik Garuda[Idris-detikFinance ]

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pagi ini meresmikan selesainya pembangunan hanggar ke-4 dari fasilitas perawatan atau bengkel pesawat milik anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia di Garuda City Centre, area Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Hanggar baru yang mampu menampung 16 pesawat jet sekelas Boeing 737 (narrow body) tersebut, disebut sebagai fasilitas bengkel pesawat terbesar di dunia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo menyebut pembangunan proyek hanggar terbesar di dunia milik GMF sebagai hasil sinergi antar perusahaan pelat merah.

"Hanggar mulai dibangun pada akhir tahun 2013, dan merupakan karya dan seluruh pengerjaannya dilakukan lewat sinergi BUMN, dibangun Wijaya Karya, dibiayai BNI dan dipoerasikan GMF Aero Asia," kata Arif di lokasi hanggar GMF, Komplek Garuda City Center, Tangerang, Senin (28/9/2015).

Selain diklaim sebagai fasilitas perawatan pesawat narrow body terbesar di dunia, konsep bangunan dan operasional hanggar mengadopsi teknologi ramah lingkungan.

"Hanggar ke-4 ini ramah lingkungan dan beda dengan hanggar-hanggar lain milik kita," tuturnya.

Hadir pada acara ini juga, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetio dan Direksi Garuda. Acara peresmian dimulai pukul 9.30 WIB. (feb/feb)
Hanggar Terbesar di Dunia Senilai Rp 585 MiliarPT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan mengoperasikan fasilitas hanggar baru untuk perawatan pesawat di area Garuda City Center, Komplek Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Fasilitas yang dibangun sejak Januari 2013 ini, sudah siap dioperasikan.

Saat beroperasi, hanggar yang diklaim terbesar di dunia itu dikhususkan untuk perawatan pesawat jet berbadan kecil (narrow body). Untuk sekali proses perawatan secara bersamaan, hanggar baru itu mampu menampung 16 pesawat narrow body seperti Boeing 737 atau Airbus 320.

"Dengan luas 67.000 m2, terdiri dari area produksi dan perkantoran. Hanggar terbesar di dunia ini mampu menampung 16 pesawat sekaligus," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo di lokasi hanggar GMF, Komplek Garuda City Center, Bandara Soetta, Tangerang, Senin (28/9/2015).

Bengkel pesawat tersebut akan dioperasikan oleh anak usaha Garuda Indonesia, PT Garuda Maintenance Facility (GMF). Garuda sendiri mengeluarkan investasi Rp 585 miliar untuk membangun hanggar ke-4 tersebut. Fasilitas tersebut dibiayai dari pinjaman PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

"Ini merupakan karya dan seluruh pengerjaannya dilakukan lewat sinergi BUMN. Ini dibangun WIKA, dibiayai BNI dan dioperasikan GMF Aero Asia," jelasnya.

Dari pantauan detikFinance, beberapa pesawat berbadan kecil milik Garuda Indonesia dan T'Way Airlines terparkir di dalam hanggar. Pesawat tersebut menunggu proses perawatan rutin yang dilakukan oleh para mekanik GMF.

Beberapa kendaraan operasional bertenaga listrik untuk mobilitas karyawan GMF juga tersedia di dekat hanggar. Hanggar ke-4 milik Garuda, hari ini diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.


Ini Penampakan Hanggar Terbesar di Dunia Senilai Rp 585 Miliar

   detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More