blog-indonesia.com

Minggu, 06 September 2015

★ Kapal Patroli 110 Bakamla

Penampakan Desain Kapal Patroli Bakamla Desain Kapal Patroli 110 Bakamla [pengamatliar @kaskuser]

Baru baru ini beredar foto jepretan pengamatliar (kaskuser) mengenai desain pengembangan kapal patroli nasional untuk Bakamla.

PT Palindo Batam kembali dipercaya untuk membuat kapal patroli Bakamla dengan panjang 110 meter.

Sebelumnya PT Palindo telah berhasil membuat kapal patroli Bakamla dengan panjang 43 meter. Bukan hanya Bakamla saja, TNI AL pun telah memesan beberapa unit kapal yang telah dioperasikan di perairan barat di bawah komando Armabar. Kapal dengan panjang sekitar 40 meter yang dikenal luas sebagai kapal Clurit class.

Dengan peraturan pemerintah memberdayakan kapasitas dalam negeri, galangan kapal Indonesia terlihat bergeliat membangun beberapa macam kapal untuk keperluan perairan nusantara.

Menguping obrolan warung sebelah, ternyata kapasitas galangan kapal Indonesia setelah pemerintah mencanangkan poros maritim terlihat penuh pesanan, sampai ada penolakan pesanan karena tidak bisa memenuhi ketepatan waktu dalam pengiriman.

Kembali ke kapal patroli 110 meter, ini merupakan sebuah terobosan untuk galangan kapal swasta dan merupakan pertama buat galangan kapal PT Palindo untuk menyelesaikannya tepat waktu kedepan.

Menganalisa ala kadarnya perihal bentuk desainnya, seperti kapal dengan konsep SIGMA produksi DAMEN, namun ada pembenahan kapasitas dan fungsi lainnya. Bila nantinya telah rampung, merupakan hal menarik untuk dilihat, bila disejejerkan dengan kapal lain seperti kapal SIGMA Diponegoro class, atau PKR 10514 yang dalam proses penyelesaian PT PAL Indonesia.

  Garuda Militer  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More