blog-indonesia.com

Rabu, 09 September 2015

Menteri Susi Janji Pengadaan 5.000 Kapal Tak Pakai Impor

Menteri Susi Janji Pengadaan 5.000 Kapal Tak Pakai ImporIlustrasi 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpin Menteri Susi Pujiastuti berencana memberikan bantuan kapal tangkap ikan kepada nelayan tahun depan. Total kapal yang dibagikan sebanyak 5.000 unit berbagai ukuran.

Pengadaan kapal tersebut dianggarkan untuk tahun depan dengan total alokasi dana Rp 4,7 triliun. Nantinya, kapal bantuan tersebut akan diserahkan langsung kepada nelayan. Untuk ukuran, kapal gratis ini akan disesuaikan dengan kebutuhan nelayan di setiap daerah.

Untuk pengadaan 5.000 kapal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti berjanji akan sepenuhnya mengandalkan produksi dari galangan-galangan kapal di dalam negeri, sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Presiden meminta kita memaksimalkan produk kapal dari dalam negeri. Di Batam saja ada 250 galangan. Jadi Indonesia mampu memproduksi semua kapal itu," tandas Susi saat konferensi pers di Gedung KKP, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Susi menambahkan, industri perkapalan Indonesia sudah cukup handal. PT PAL misalnya, sudah mendapat pesanan dari berbagai negara. Karena itu, pengadaan 5.000 kapal untuk nelayan akan 100% dipenuhi dari dalam negeri, tidak ada impor.

"Selama ini tongkang-tongkang kita bikinan dari dalam negeri, hanya sedikit komponen saja yang impor. PT PAL juga luar biasa, mereka bahkan sudah banyak dapat order dari luar negeri," pungkasnya. (ang/ang)


  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More