blog-indonesia.com

Kamis, 03 September 2015

Presiden Jokowi Janjikan Tambah Anggaran untuk Riset

Jokowi [deviantart]

Presiden Joko Widodo mengapresiasi karya anak bangsa dengan meresmikan satelit LAPAN A2. Jokowi pun bangga dengan prestasi ini dan berjanji akan menambah anggaran untuk riset.

"Ke depan yang namanya penelitian pengembangan riset dan development kita berikan porsi yang lebih besar," kata Jokowi di Pusat Teknologi Satelit LAPAN, Jl Cagak Satelit Km 04, Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/9/2015).

Tetapi Jokowi menekankan bahwa porsi tambahan anggaran difokuskan pada penelitian yang dibutuhkan negara dan masyarakat sehingga hasilnya dapat dirasakan langsung manfaatnya.

"Sekali lagi untuk penelitian-penelitian yang konkret dibutuhkan negara, masyarakat, dalam visi kita ke depan baik untuk pangan, energi dan maritim," sebut Jokowi.

Mengenai pembuatan satelit, Jokowi mengaku optimistis karena nantinya dapat memantau segala perkembangan dari atas langit. Mulai dari mendata sawah-sawah yang telah hijau, cuaca, hingga kemaritiman.

"Yang namanya penelitian itu kan bisa berhasil dengan baik, tapi juga bisa saja tidak berhasil. Jadi apa, hal seperti itu betul-betul harus dipilah," jawab Jokowi ketika ditanya kemungkinan adanya diskresi bagi peneliti yang difasilitasi negara. (bag/aan)

   detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More