blog-indonesia.com

Minggu, 15 Mei 2016

Pindad Produksi Kapal Tank Pertama di Dunia

https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2016/05/14/34/1108484/pindad-produksi-kapal-tank-pertama-di-dunia-r0w.jpgPindad membangun tank kapal canggih dan pertama di dunia. (Foto: Istimewa)

Sukses dengan senapan khusus SS 2 Subsonic, PT Pindad (Persero) kembali melakukan inovasi. Kali ini, perusahaan pelat merah berlogo Pasopati itu, sedang memproduksi tank boat alias tank kapal canggih. Menariknya, kapal tempur ini berbeda dengan kapal tempur lainnya.

Direktur Utama PT Pindad, Silmy Karim mengatakan tank kapal ini merupakan yang pertama di dunia. “Kami sedang membangun prototipe tank boat, dimana investasi untuk research and development sekitar USD15-20 juta,” ujarnya kepada Sindonews, Sabtu (14/5/2016).

Menurut dia, jenis kapal perang ini berbeda dengan kapal perang kecil kebanyakan negara. Karena memiliki hull ganda atau lazim disebut catamaran. Sehingga bisa dikatakan yang pertama di dunia. Jadi tank boat ini hanya Indonesia yang memproduksi, tidak meniru negara lain.

Alumnus Harvard University, Amerika Serikat ini, menceritakan rencana satu prototipe tank kapal ini dibiayai oleh Kementerian Pertahanan RI. Adapun satu prototipe lagi ada di pihak luar negeri yang sudah berminat dan akan dipasarkan ke Timur Tengah.

Jadi yang minat sudah banyak meski belum tanda tangan kontrak menunggu prototipe jadi,” tambahnya.

Tank kapal ini akan dilengkapi dengan meriam kaliber 105 mm dengan kecepatan hingga 40 knot. Dengan model dan fungsi yang dirancang ini, tank boat Pindad berakselerasi tinggi dan mampu menghancurkan kapal musuh.

Rencananya tank kapal pertama di dunia karya anak bangsa ini akan diperkenalkan kepada masyarakat pada Indo Defense pada November 2016 mendatang. (ven)

 ♖ sindonews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More