blog-indonesia.com

Rabu, 22 Juni 2016

Satelit A3 Meluncur

✈ Tepuk Tangan Membahana di Pusat Penerbangan LAPAN ✈ Roket PSLV C-34 yang membawa satelit LAPAN (dok Indian Space Research Organization)

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyaksikan peluncuran satelit LAPAN-A3/IPB di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor. Tepuk tangan membahana saat roket PSLV C-34 yang membawa satelit berhasil meluncur menuju ke angkasa.

"5..4..3..2..1," begitu suara di ruang kontrol di Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota, India, yang disiarkan melalui video streaming, Rabu (22/6/2016).

Satelit tepat diluncurkan pada pukul 10.55 WIB. Setelah berhasil mengudara, undangan yang hadir langsung bertepuk tangan memuji keberhasilan peluncuran satelit.

Di dalam roket itu terdapat satelit generasi ketiga LAPAN-A3/IPB dengan berat 115 kilogram. Satelit milik Indonesia ini akan bersama 20 satelit lainnya dari berbagai dunia yang akan mengorbit di bumi.

Roket PSLV-C34 membawa satelit LAPAN (AFP/Getty Image)

Satelit ini membawa misi penginderaan ekperimental untuk memantau sumber daya pangan, termasuk pamantauan lahan dan lingkungan.

Salah satu muatan dari satelit ini adalah alat penginderaan jauh atau 4 band multispectral imager beresolusi 18 meter dengan lebar 100 kilometer.

Satelit ini juga berfungsi untuk memantau wilayah maritim Indonesia, termasuk kapal laut dengan memanfaatkan sensor Automatic Indentification System (AIS).

Selain membawa satelit LAPAN A-3/IPB, roket PSLV C-34 milik India juga membawa 19 satelit lainnya milik Jerman, India, Kanada dan AS. (fiq/fdn)

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More