blog-indonesia.com

Kamis, 11 Agustus 2016

TNI-UNS Military Festival

Pameran Alutsista TNI di Solo https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2hJilc9WrkXz5ea3kQ0dETb7xcTaJlMvmcxYhQ4kj9t0L9_pTUTAwJs3ixahICJ7aG-6Dpmfrz1xnpcpL6ucRzNbbf0WdEGjgpWHv5bC5GpN6uFFzHh0FWMCbQ4GxdasKCPTsQQy3fOuC/s1600/IMG_RCWS+by+Dislitbang+%2526+PT+Indomesin+Tridaya+Bangsa+%255Baderessag%255D.jpgRCWS by Dislitbang & PT Indomesin Tridaya Bangsa (aderessag@def.pk)

Suasana kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terlihat berbeda, kemarin. Sepanjang bulevar, halaman gedung Rektorat hingga auditorium dipenuhi belasan kendaraan tempur berat, seperti tank, panser, dan lainnya.

Mulai Selasa (9/8) sore, bermacam kendaraan tempur taktis serta alat utama sistem persenjataan (Alutsista) ditempatkan di kampus. Namun, bukannya membuat suasana mencekam, kendaraan berat itu malah dikerumuni warga. Mereka asyik berselfie di antara kendaraan berat tersebut.

[​IMG][Universitas Sebelas Maret & Reyzha Dwi Aryanto]

Di jalan depan gedung Rektorat UNS, berdiri sebuah Leopard 2A4 atau tank tempur yang terlihat dinaiki sekelompok orang yang asyik berfoto-foto. Di sisi lain, terdapat dua tank jenis Marder IA3 yang juga menarik minat masyarakat. Kendaraan militer berbobot 33,5 ton tersebut, diparkir di sayap barat halaman Rektorat.

Masyarakat diperkenankan untuk naik ke bagian atas kendaraan, namun tak diizinkan untuk masuk ke bagian dalamnya. Pameran Alutsista tersebut, kemarin secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, yang didampingi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Muhammad Nasir.

 Saksikan Pameran 
http://defence.pk/attachments/harteknas-1-jpg.324641/Usai membuka pameran, Menko bersama Menristek yang didampingi Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi berkeliling menyaksikan pameran dengan kereta kencana. Selanjutnya Menko memberikan pembekalan pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Auditorium UNS. Sebelum pembukaan festival, dilakukan kirab Marching Band Taruna AAU dan Alutsista melalui Jalan KH Dewantoro dan Jalan Sutami.

Pada kirab tersebut, diikuti di belakangnya sejumlah tank yang diperkenankan untuk dinaiki masyarakat. ”Kegiatan TNI-UNS Military Festival merupakan rangkaian Listrik Lustrum VIII dan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas),” kata Ketua Panitia TNI-UNS Military Festival, Ary Setyawan.

Berbagai Alutsista statis dan dinamis, seperti Tank AMX-13 Modernization yang miliki berat 17,8 ton, Tank Marder IA3, miliki berat 33,5 ton, Kendaraan Peluncur Roket miliki 28 ton, Meriam 155M Caesar 155/52, Tank Leopard 2A4 miliki berat 55,15 ton, dan sebagainya dipamerkan di sembilan zona di kampus tersebut. TNI-UNS Technomilitary Festival kali ini, menurut Ary, diikuti kesatuan, antara lain, Lanud Adi Soemarmo, Lanal Semarang, Brigif 6/2 Kostrad, Grup 2 Kopassus, Yonkav2/tank.KIKAVSER2/BS, Yonarmed 3/105 Tarik, Yonarhanudse 15, dan sebagainya.

  ♚ suaramerdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More