blog-indonesia.com

Sabtu, 11 Maret 2017

Kerjasama Teknis Muatan Roket RX-320

imageRX-320 (Lapan) ★

Pusat Teknologi Roket LAPAN mengadakan kerjasama teknis muatan roket RX-320 dengan TU Berlin di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.Kegiatan kerjasama ini bertujuan untuk penguatan penguasaan teknologi roket terutama pada teknologi sistem separasi nosecone dan payload yang digunakan untuk on-board health monitoring maupun pengukuran parameter atmosfer.

Pusat Teknologi Roket bertanggung jawab atas pengembangan wahana peluncuran yang akan dipakai untuk membawa muatan berisikan sensor pengukur parameter atmosfer dan sensor-sensor sitem telemetri dan navigasi roket.

Pada hari pertama Kepala Pusat Teknologi Roket, Drs. Sutrisno, M.Si membuka acara dengan memaparkan pentingnya kerjasama ini dalam peningkatan penguasaan teknologi roket. Dr. Rika Andiarti sebagai Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa menyampaikan paparanya tentang manfaat kerjasama ini.

Ir. Lilis Mariani, M.Eng berperan sebagai pembawa acara dan moderator dalam acara ini. Dua orang narasumber dari pihak TU Berlin, Sebastian dan Julius dihadirkan untuk memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan pada kerjasama muatan roket RX-320 ini. Pemaparan juga disampaikan oleh perwakilan dari LAPAN yaitu Hendra Gantina, Welly Pasadena dan Endro Artono dari Pusat Teknologi Roket menyampaikan paparan tentang sistem separasi payload.

Rahmat dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer menyampaikan tentang pengukuran atmosfer. Dalam acara ini juga disampaikan rencana peluncuran pada tahun 2018 yang akan mendatang. Hari kedua diisi dengan pembahasan kontrak 2017 dari pihak Pusat Teknologi Roket LAPAN dengan pihak TU Berlin dan pembahasan antisipasi kesulitan administrasi barang hasil kerjasama.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan LAPAN khususnya Pusat Teknologi Roket memperoleh teknologi sistem separasi nosecone, payload on-boar health management dan payload pengukur parameter atmosfer roket sonda RX-320 serta sistem ground station sebagai tahap penelitian dasar untuk mendukung program roket pengorbit satelit dimasa yang akan mendatang.

  LAPAN  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More